-->

Hari Koperasi ke-69: Potensi Lorong Jika Diperkuat Akan Jadi Kekuatan Ekonomi

MEDIASULSEL.com - Gerakan koperasi, jika dikelola secara profesional dapat menjadi penopang ekonomi negara. Hal tersebut disampaikan Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto pada peringatan Hari Koperasi ke-69 Tahun 2016 di Tribun Karebosi, Rabu, (24/08/2016).

Ia mencontohkan sektor koperasi di India menjadi salah satu yang terbesar di dunia. Sementara Jepang dan Korea menjadi negara yang memiliki bank koperasi pertanian terbesar di dunia.

Ia mengakui, meski mengalami pasang surut, perkembangan koperasi di Indonesia telah membentang zaman, dan menjadi Peringatan 69 tahun koperasi menjadi momentum untuk membangun koperasi yang lebih baik sehingga mampu menopang ekonomi negara.

"Koperasi adalah soko guru ekonomi kita. Koperasi jika dikelola dengan profesional dapat menjadi penopang ekonomi," sebut Danny.

Di Makassar, pada 2017 nanti, Walikota Danny akan membentuk BULo (Badan Usaha Lorong) yang berbentuk koperasi. Penduduk Makassar yang mendiami 7.525 lorong, 30 persen diantaranya yang telah memiliki Lorong Garden (Longgar) dapat menikmati fasilitas BULo.

"Kita beri nama 'BULo' diambil dari bahasa daerah yang bermakna bambu, potensi ribuan lorong di Makassar jika disatukan dapat menjadi 'mabbulo sibatang' menjadi sumber kekuatan ekonomi bagi Makassar," papar Danny.

'Mabbulo sibatang', 'bulo' artinya bambu dan 'mabbulo sibatang' artinya menyatukan beberapa batang bambu ke dalam sebuah ikatan agar menjadi kuat dan lebih bermanfaat.

Potensi yang terdapat di lorong-lorong jika disatukan akan menjadi kuat dan menjadi kekuatan ekonomi baru bagi Makassar.

Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Sulawesi Selatan, Dr Rahman Halid menyampaikan, dukungan Walikota Makassar bagi koperasi di Makassar sangat besar.

Hal itu dibuktikannya dengan kesiapan Makassar menjadi tuan rumah peringatan HUT Koperasi ke-70 Tahun pada 2017 mendatang, Makassar sekaligus menjadi tuan rumah perhelatan Kongres Koperasi Nasional IV yang diperkirakan akan dihadiri 2.000 peserta se-Indonesia termasuk negara tetangga Singapura dan Filipina.

Di peringatan Hari Koperasi ke-69 Tahun 2016, juga diserahkan tujuh penghargaan bagi koperasi berprestasi yakni, KPN UNM, Primkopol Teratai Satuan Brimob, KPN Tunas Harapan, Primkop Kartika Wirabuana Vijaya Kusuma, Kopkar Dolog Sejahtera, Kopkar PT Pelindo, dan Primkop Kartika Wirabuana Minvet.

Selain itu juga diadakan penandatanganan MoU antara Kepala Dinas Koperasi dan UKM Makassar Nadjmah Emma dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Plt Kebudayaan kota Makassar Ismunandar serta Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah kota Makassar Idris Patarai.

Kesempatan yang sama Dinas Koperasi dan UKM Makassar menyerahkan tiga ratus bingkisan sembako bagi warga kurang mampu di 14 kecamatan dan 143 kelurahan di Makassar. Bingkisan ini, diserahkan secara simbolis oleh Walikota Makassar, Wakil Walikota Makassar, Sekkot Makassar, Kadis Koperasi dan UKM, Ketua Dekopin Sulsel, dan ketua Dekopinda Makassar. (Aks/shar)

0 Response to "Hari Koperasi ke-69: Potensi Lorong Jika Diperkuat Akan Jadi Kekuatan Ekonomi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel