-->

Sindikat Jemaah Haji di Manila, 40 Berasal dari Makassar dan Parepare

MEDIASULSEL.com - Direktur Jenderal Imigrasi Ronny F. Sompie menjelaskan pihaknya sudah berhasil memverifikasi 139 dari 177 warga negara Indonesia tersebut berdasarkan paspor Indonesia yang mereka miliki. Paling banyak, yaitu 40 paspor dari mereka, berasal dari kantor imigrasi Parepare dan Makassar, Sulawesi Selatan.

Dia juga menilai kasus tersebut sebagai kejahatan transnasional, sehingga penyelidikannya akan dilakukan lewat kerjasama kepolisian dan imigrasi Indonesia dan Filipina.

"Mereka ke Filipina melalui empat tempat pemeriksaan imigrasi, yaitu bandara Soekarno Hatta, Nunukan, Makassar, dan Sepinggan untuk menuju Kuala Lumpur, baru mereka ke Filipina," ujarnya.

Sedikitnya tujuh agen perjalanan dalam negeri diduga terlibat dalam keberangkatan 177 calon jemaah haji itu, yakni PT Taskiah, PT Aulad Amin, PT Aulad Amin Tours Makassar, PT Shafwa Makassar, Travel Harde El Barde, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Arafah), dan KBIH Arafah Pandaan.

Kementerian Agama mengatakan akan berupaya memulangkan para warga negara Indonesia yang kini dalam pengawasan ketat otoritas imigrasi Filipina. (voa)

0 Response to "Sindikat Jemaah Haji di Manila, 40 Berasal dari Makassar dan Parepare"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel